Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polsek Sine Dampingi Vaksinasi PMK 100 Ekor Sapi di Desa Ngrendeng

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19.43.00 WIB Last Updated 2022-08-18T12:43:27Z


Laporan: Budi Santoso


NGAWI,harian7 com - Berbagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak berkuku genap atau belah terutama ternak sapi terus dilakukan oleh jajaran Polres Ngawi.


Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Polsek Sine bersama Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi menggelar vaksinasi PMK terhadap 100 ekor sapi secara door to door di Desa Ngrendeng, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Kamis (18/08/2022).


Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Sine AKP Slamet mengatakan, pada kegiatan tersebut 2 personil Bhabinkamtibmas Polsek Paron melakukan pendampingan dan pengamanan pada vaksinasi PMK terhadap Sapi yang dilaksanakan dengan cara mendatangi para peternak sapi di wilayah Desa Ngrendeng.


"Ya, hari ini pukul 10.00 WIB, Aipda Khamari dan Bripka Budi Setyo Nugroho bersama petugas vaksinator dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi dipimpin drh. Tony Wibowo selaku penanggung jawab mendatangi setiap peternak di Desa Ngrendeng untuk melakukan vaksinasi PMK pada sapi di daerah tersebut," ujar Slamet, Kamis (18/08/2022).


Lebih lanjut, Slamet mengatakan, sebelum dilakukan vaksin PMK, petugas vaksinator yang terdiri dari drh. Nurdita Dwi H, drh. Hardian Pramudito, Tri Utami, Setyo Mulyono, Ana Ambarwati, Yagus Sukonodo dan BPP Kecamatan Sine Jarot menyampaikan pemahaman vaksin kepada pemilik hewan.


"Selain itu, juga disampaikan langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak, dengan harapan para peternak sapi paham dan mengerti ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK serta mampu mengatasi dengan pendampingan petugas kesehatan hewan terdekat," jelas Slamet.


Slamet menambahkan, sebagai salah satu syarat dalam mengikuti vaksinasi PMK tersebut, petugas vaksinator menyampaikan kepada para peternak bahwa ternak sapi yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat.


Slamet juga menyebutkan bahwa pihaknya berharap dengan kegiatan tersebut terwujud senergitas kemitraan tiga pilar, antara Polri, petugas dari tenaga kesehatan hewan dan peternak warga masyarakat Desa Ngrendeng dan kegiatan berjalan lancar tanpa ada paksaan.(*)

×
Berita Terbaru Update