Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Penyebaran Virus PMK, Kapolres Nganjuk Blusukan Ke Peternak Sapi

Jumat, 13 Mei 2022 | 03.53.00 WIB Last Updated 2022-05-12T20:53:03Z


Laporan: Egi/Kontributor Magang

Editor: Budi Santoso


NGANJUK,harian7.com - Didampingi dinas terkait dan Muspida Nganjuk, Kapolres Nganjuk AKPB Boy Jeckson Situmorang, blusukan ke peternak sapi Rabu(11/5/2022). 


Kegiatan tersebut menindak lanjuti imbas mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak yaitu sapi di berbagai daerah Provinsi Jawa Timur.


"Merebaknya penyakit mulut dan kuku di wilayah Jatim ini harus segera diantisipasi dan dilakukan langkah-langkah penanganan. Kami blusukan ke peternak bersama dinas terkait agar semua pihak melakukan langkah terpadu," ungkap Kapolres Nganjuk.


Boy mengatakan pihaknya mulai melakukan sosialisasi wabah PMK kepada masyarakat, terutama kepada para pemilik sapi. Tujuannya untuk mengantisipasi pembuatan posko siaga di berbagai lokasi.


"Kita buatkan posko untuk desinfeksi kandang, pemeriksaan dan monitoring di pasar hewan. Tentu sampai penyebaran informasi bahwa PMK masih bisa disembuhkan dengan terapi suportif guna mencegah panic selling," kata Boy.


Boy mengatakan pemeriksaan akan dilakukan di pasar hewan, seperti di wilayah Kecamatan Warujayeng, Kecamatan Bagor, maupun daerah rawan penularan lainnya. Ia berharap masyarakat segera melaporkan kepada petugas atau posko kesehatan hewan bila menemukan kasus yang terindikasi penyakit mulut dan kuku pada ternak peliharaannya.


"Maraknya pemberitaan mengenai PMK pada hewan ternak pasti membuat peternak dan masyarakat Nganjuk resah sehingga mungkin berpengaruh pada stabilitas kamtibmas. Karenanya, kami akan terus memantau perkembangan situasi terkait PMK ini," paparnya.


Disampaikan Boy semua langkah ini mesti dilakukan secepatnya, demi mengantisipasi terganggunya pasokan yang akan berimbas pada kenaikan harga daging sapi. Demi menjaga tersedianya pasokan dan stabilitas harga, apalagi sebentar lagi akan memasuki Hari Raya Idul Adha (Qurban).


Dalam kesempatan ini, Polres Nganjuk telah menggandeng Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Perdagangan Kabupaten Nganjuk untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak. Salah satu yang didatangi yaitu Peternakan Sapi Tunas Brahman di Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.

×
Berita Terbaru Update