Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kapasitas Peran LKD dan LAD se Kabupaten Nganjuk, Dinas PMD Gelar FGD

Senin, 11 April 2022 | 15.46.00 WIB Last Updated 2022-04-11T08:46:42Z


Editor: Budi Santoso | Kaperwil Jatim


NGANJUK,harian7.com - Tingkatkan kapasitas peran Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Lembaga Adat Desa (LAD), dan Gotong Royong Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk melakukan Forum Group Discussion (FGD), Senin (11/4/2022) di Aula Desa Praja Dinas PMD.


FGD kali ini, diikuti oleh Perwakilan Desa di tiga Kecamatan. Yaitu Kecamatan Jatikalen, Lengkong dan Sukomoro. Mereka mendapat pembinaan dan pelatihan cara entri data Gugur Gunung kedalam aplikasi Sedudo.


“Sehingga data-data kelembagaan secara otomatis dapat tersedia didalamnya,” beber Arief Kurnianto, SE, Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Dinas PMD.


Arief menyampaikan, kegiatan FGD akan dilaksanakan selama tujuh hari kedepan. Mulai tanggal 11 sampai dengan 20 April 2022. Dengan peserta 264 desa di Kota Bayu. “Dalam satu hari kami mengambil tiga kecamatan,” tuturnya.


Dijelaskannya, salah satu tugas dari LKD adalah menggerakkan dan mengembangkan partisipasi, gotong-royong dan swadaya masyarakat. “Untuk itu, melalui pelatihan entri data ini, nantinya kegiatan LKD bisa terdokumentasikan,” pungkasnya sembari mencontohkan LKD dapat mengentri kegiatan gotong royong pada menu gugur gunung.


Selanjutnya, Arief menyebut banyak kegiatan dimasyarakat yang perlu lestarikan keberadaanya. Misalnya budaya gotong-royong, harus kita jaga dan lestarikan bersama. “Sehingga gotong-royong akan selalu ada dimasyarakat kita,” tambahnya.


Ditambahkannya, melalui aplikasi sedudo, memudahkannya untuk mengetahui tingkat pasrtipasi desa dalam gugur gunung. “Login selaku Kecamatan, dapat melihat partisipasi di desanya, dan tingkat Kabupaten dapat mengetahui di tingkat kecamatannya,” imbuhnya sembari berharap desa untuk selalu aktif dan tertip pelaporannya. LKD, mulai kegiatan RT/RW, PKK, Karang taruna, LPM, dan Posyandu Desa.(Hum/Fuad)

×
Berita Terbaru Update