Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tanggul Penahan Jebol, Longsor Tak Bisa Dihindari Karna Derasnya Hujan

Selasa, 21 Desember 2021 | 15.05.00 WIB Last Updated 2021-12-21T08:05:26Z

 

Longsor yang terjadi di Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin (20/12/2021)


Laporan : Indra W

Editor : Budi Santoso


NGANJUK,Harian7.com - Tingginya curah hujan yang terjadi belakangan ini, mengakibatkan terjadinya tanah longsor. Tanah longsor terjadi di Desa Macanan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin (20/12/2021).


Longsor terjadi pada Plensengan/Talud di depan rumah warga sehingga menutup aliran anak sungai oro oro ombo, sehingga air meluap ke arah pemukiman dibawahnya dan dikarenakan kontur pemukiman yang bertingkat/tebing sehingga rumah yang terdampak luapan air mengalami longsor dan menimpa rumah di bawahnya.


Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, dikarenakan kondisi rumah yang basah sehingga malam ini warga terdampak mengungsi di musholla. 23 warga terpaksa mengungsi ke tempat yang dinilai lebih aman dan diarahkan menuju mushola yang lokasinya di dataran lebih rendah dan stabil. 


Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk, Gunarto mengatakan bahwa longsor terjadi pada tebing setinggi 4 meter dengan lebar 25 meter.


"Di lokasi kejadian sebenarnya ada tanggul penahan, namun karena derasnya hujan, tanggul tidak mampu menahan air yang membawa material longsor," ungkap Gunarto


Petugas gabungan dari BPBD, TNI/Polri beserta warga sekitar langsung bergotong royong membersihkan material longsor. Sedangkan bantuan untuk warga yang mengungsi berupa makanan dan logistik juga sudah ada dan sudah disalurkan untuk para korban.

×
Berita Terbaru Update