Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pulihkan Psikologis Warga Terdampak Erupsi Semeru, Biro SDM Polda Jatim Beri Dukungan Psikososial

Rabu, 08 Desember 2021 | 10.39.00 WIB Last Updated 2021-12-08T03:39:21Z

 

Biro SDM Polda Jatim saat mengajak anak-anak bermain dan bernyayi

Laporan : Salsabiila
Editor : Budi Santoso


SURABAYA,Harian7.com - Kabag Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jawa Timur berikan dukungan Psikososial dan pertolongan pertama Psikologis pada warga terdampak Erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Kegiatan dilaksanakan di lokasi pengungsian Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro dan pengungsian warga di Gedung Koperasi Dwija Raharja, Kecamatan Candipuro, serta di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.


Kegiatan ini menyasar masyarakat terutama yang terdampak Erupsi Gunung Semeru. Terutama kelompok rentan, seperti anak-anak, manula dan perempuan. 


Personil yang dilibatkan dalam kegiatan ini, Tim Trauma Healing Polda Jatim, yang dipimpin Karo SDM Polda Jatim, KBP Harry Kurniawan, Kabag Psikologi, AKBP Diah Ika Riantanti, Kabag SDM Polres Lumajang, Tim Polwan Biro SDM Polda Jatim sebanyak 15 orang, Pers Bagpsi Ro SDM Polda Jatim, Konselor Polres Lumajang satu orang, Konselor Polres Jember empat orang, Konselor Polres Malang empat orang dan Himpsi Cabang Jember 25 orang.


"Kegiatan yang dilakukan yakni, berkoordinasi dengan Polres Lumajang, BPBD, Tim Dinsos, Koordinator Balai Desa dan stake holder terkait, serta peninjauan fasilitas pengungsian warga dan dapur umum," ungkap KBP Harry Kurniawan.


Selain itu, KBP Harry menambahkan juga dilakukan observasi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru dan pemberian bantuan berupa masker, suplemen, puzzle, snack ringan, susu, buku gambar dan crayon.


"Kita lakukan terapi bermain dengan sasaran anak-anak dengan bernyanyi, games, story telling cerita anak, pemberian bantuan psikologis awal terhadap warga dan anak-anak," pungkasnya.


Kegiatan sendiri tidak hanya dilakukan satu hari saja, melainkan tiga hari yakni dari Senin hingga Rabu (8/12/2021) juga masih memberikan dukungan Psikososial dan pertolongan pertama Psikologis, pada korban Erupsi Gunung Semeru.


Kegiatan di hari ketiga pasca terjadinya erupsi gunung semeru, dilaksanakan di lokasi pemgungsian di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan di lokasi pengungsian Kecamatan Candipuro.


Sementara itu di lokasi pengungsian di Desa Sumbermujur ada sebanyak 121 anak-anak, 46 lansia, 1 ibu hamil dan 532 umum.


Kegiatan ini juga berkoordinasi dengan Polres Lumajang, Konselor Lumajang, Koordinator Lapangan Penanganan Bencana, Observasi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Terapi EFT untuk warga manula untuk meredakan stress, mengurangi ketegangan dan meningkatkan hubungan antara tubuh dan pikiran.

×
Berita Terbaru Update