Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kejar Target Akhir Tahun, PJU Maksimalkan Pemasangan Lampu Jalan

Senin, 27 Desember 2021 | 07.40.00 WIB Last Updated 2021-12-27T00:41:47Z

 

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ngawi, Widya Decky Hariyanto

Laporan : Salsabiila


NGAWI,Harian7.com - Menjelang akhir tahun, jalan di wilayah Kabupaten Ngawi makin terang benderang. Pemkab terus berupaya menambah jumlah Penerangan Jalan Umum (PJU) hingga di jalan poros kecamatan.


Dari data terkini, hingga bulan Desember 2021 sebanyak 182 titik lampu PJU sudah terealisasikan. 


Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ngawi, Widya Decky Hariyanto mengatakan, pemasangan PJU dilakukan untuk menjaga kawasan tetap aman dari tindak kriminal maupun kecelakaan lalu lintas akibat penerangan yang minim.


"Hal tersebut tidak lain demi kenyamanan warga dan keamanan pengguna jalan agar lebih terjamin," ungkap Widya Decky Hariyanto.

Ada beberapa ruas jalan yang sudah terpasang lampu yakni ruas jalan Kauman - Jagir (Kantor Desa Kauman) sebanyak 10 titik, ruas jalan Padas - Tambakromo sebanyak 11 titik, ruas jalan Pocol - Wonosari (Perbatasan Jatim dan Jateng) sebanyak 10 titik, ruas jalan Ploso - Tapen sebanyak 12 titik, dan ruas Jalan Cangakan - Banjarsari (Puskesmas Desa) ada 18 titik, dan itu merupakan titik pemasangan yang paling banyak.


Selain itu, ada dua penambahan lokasi pemasangan lampu yakni di ruas jalan Ploso - Kendung sebanyak 10 titik dan di ruas jalan Ketonggo IV sebanyak 22 titik.


Widya Decky Hariyanto menambahkan, salah satu fungsi dan manfaat dari Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah untuk keamanan khusus pada daerah yang mendapat penerangan.


"Pemasangan PJU hingga akhir tahun ini sudah menggunakan lampu LED dikarenakan jenis lampu ini terbukti lebih efisien dan menghemat daya listrik serta lebih terang dibandingkan dengan model lampu yang dulu digunakan," imbuhnya.




Kedepannya, adanya PJU ini diharapkan angka kriminal dijalanan yang masih gelap bisa berkurang dan lingkungan sekitar Penerangan Jalan Umum terbebas dari tindakan kriminal yang biasanya dilakukan didaerah yang sepi dan gelap karena kurangnya penerangan.


Jadi keberadaan PJU ini memang sangat vital, ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dari pemerintah daerah khususnya Dinas PUPR guna melaksanakan tugas dan tanggung jawab juga dari masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas umum ini demi kepentingan masyarakat.

×
Berita Terbaru Update