• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 JATIM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Minimalisir Konflik Antar Perguruan Silat, Kapolda Jatim Gelar Turnamen Pencak Silat Remaja

    Redaktur: Anugrah Salsabiila
    Jumat, 26 November 2021, 15.11.00 WIB Last Updated 2021-11-26T08:11:37Z
    masukkan script iklan disini

     


     

    Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta bersama para atlet pencak silat remaja

    Laporan : Salsabiila

    Editor : Budi Santoso


    SURABAYA,Harian7.com - Guna menampung aspirasi perguruan silat yang ada di Jawa Timur dan meminimalisir terjadinya konflik antar perguruan silat, serta mencari pesilat yang berprestasi, Kapolda Jatim mengambil langkah cepat dengan menggelar turnamen pencak silat.


    Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta memimpin secara langsung upacara pembukaan Turnamen Pencak Silat Remaja, Piala Kapolda Jatim, di gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jum'at (26/11/2021). 


    Dalam kegiatan ini, Polda Jatim bekerja sama langsung dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur serta Ikaran Pencak Silat Indonesia (IPSI) dalam menggelar Turnamen Pencak Silat Remaja, Piala Kapolda Jatim. 


    Tujuan dari turnamen ini diharapkan dapat mencari bibit unggul yang dapat mewakili kontingen Jawa Timur dalam pencak silat.


    Selain itu, peserta dapat menjunjung tinggi sportifitas, memperkuat tali silahturahmi, menghindari konflik antar perguruan pencak silat, dan sebagai sarana olahraga untuk menjaga imunitas dimasa pandemi covid-19. 


    Sebanyak 38 kontingen terdiri dari 304 pesilat dari berbagai perguruan silat yang mewakili Polres Jajaran Polda Jatim mengikuti Turnamen Pencak Silat Remaja, Piala Kapolda Jatim yang digelar selama 4 hari.


    Pelaksanaan turnamen dimulai tanggal 26 sampai dengan 29 November 2021. Dan dari masing - masing Polres jajaran, menghadirkan 8 kelas yang sudah melalui pertandingan seleksi tingkat Kabupaten atau Kota.


    Setiap Polres mengirimkan 4 putra dan 4 putri dimana semua kategori tersebut memiliki batasan berat badannya masing-masing. 


    Untuk kategori remaja putra. 

    Kelas D mulai dari 51 kg hingga 55 kg 

    Kelas E mulai dari 55 kg hingga 59 kg

    Kelas F mulia dari 59 kg hingga 63 kg

    Kelas G mulai dsri 63 kg hingga 67 kg


    Sedangkan kategori remaja putri. 

    Kelas C mulai dari 47 kg hingga 51 kg

    Kelas D mulai dari 51 kg hingga 55 kg

    Kelas E mulai dari 55 kg hingga 59 kg

    Kelas F mulai dari 59 kg hingga 63 kg


    Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini antara lain adalah untuk mewujudkan sportifitas, jiwa kesatria dan jujur.


    "Harapannya kalau ada turnamen seperti ini maka akan mengurangi tawuran antar adik-adik ini, sehingga ada wadah yang baik, wadah yang positif dimana nantinya kalau ada yang berprestasi kami bisa juga menjaring mereka sebagai anggota polisi," ungkap Irjen Pol Nico Afinta.


    Kapolda juga berpesan kepada orang tua dan ketua perguruan Pencak Silat, untuk membina adik-adiknya dengan baik, agar mampu mewujudkan generasi yang tangguh. 


    "Pesan saya kepada orang tua dan ketua perguruan pencak silat, titip adik-adiknya dibina dengan baik, sehingga nanti mampu mewujudkan generasi yang tangguh guna mewujudkan Jawa Timur yang lebih baik," pungkasnya. 


    Kegiatan serupa akan diadakan setiap tahun yang bekerja sama dengan IPSI dan Kadispora Jatim guna mewujudkan atlet-atlet yang dapat mewakili Jawa Timur baik di pertandingan nasional maupun internasional. 


    "Nantinya di daerah-daerah itu akan diadakan pertandingan juga. Jadi tidak hanya di provinsi, namun juga di Kabupaten Kotamadya," imbuhnya. 


    Perlu diketahui, turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim ini sebelumnya telah dilakukan penjaringan di masing masing Polres jajaran di 38 Kabupaten / Kota sebelum mengikuti turnamen di Mapolda Jatim.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini