• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 JATIM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Lestarikan Tradisi, Tulungagung Gelar Ruwatan Sesaji Dan D’oa Bersama

    Redaktur: Anugrah Salsabiila
    Senin, 08 November 2021, 19.36.00 WIB Last Updated 2021-11-08T12:46:27Z
    masukkan script iklan disini

     


     


    Laporan : Yoga/Nawang | Kontributor Tulungagung
    Editor : Budi Santoso | Kaperwil Jatim


    TULUNGAGUNG,Harian7.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung bersama para budayawan menggelar Ritual Ruwatan Sesaji dan D'oa Bersama Menangkal Malasukerta yang digelar Disbudpar Tulungagung, Minggu (07/11/2021).


    Ruwatan sesaji beserta doa membuang sial ini dilakukan di pingiran sungai Ngrowo atau tempuran masuk Kelurahan Sembung, Tulungagung, Jawa Timur.


    Acara kali ini juga turut mengundang arkeolog dan pengajar jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Tradisi Ruwatan Sesaji dan D’oa Bersama Menangkal Malasukerta juga bisa menarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Tulungagung.


    Tidak hanya ruwatan dan doa bersama menangkal malasukerta. Acara ini juga lengkap dengan pelepasan hewan yang hidup di pinggir Kali Ngrowo, di antaranya berbagai jenis burung, itik dan ikan.


    Kepala Dinas Kebudayaan dan Peradaban, Indrisayasari mengatakan, ritual ini merupakan tradisi turun temurun dan menjadi bagian dari kekayaan budaya khususnya di kabupaten Tulungagung.


    "Tujuan acara tersebut adalah untuk melestarikan budaya juga menarik minat wisatawan berkunjung ke Kali Ngrowo," ungkap Indrisayasari.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini