• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 JATIM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Festival Bali Jani Resmi Ditutup, Gubernur Bali Berharap FSBJ Go Internasional

    Redaktur: Anugrah Salsabiila
    Minggu, 07 November 2021, 20.36.00 WIB Last Updated 2021-11-07T13:36:04Z
    masukkan script iklan disini

     


     

    Gubernur Bali, Wayan Koster saat memberikan sambutan pada penutupan FSBJ III di Taman Budaya-Art Center, Denpasar, Sabtu (6/11/2021) 

    Laporan : Salsabiila


    BALI,Harian7.com - Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Ny. Putri Suastini Koster secara resmi menutup Festival Bali Jani III yang telah digelar sejak 23 Oktober-6 November 2021. Acara penutupan dilangsungkan secara hybrid dari Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya-Art Center, Denpasar, Sabtu (6/11/2021).


    Gubernur asal Sembiran Buleleng itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dan berpartisipasi dalam mensukseskan Festival Seni Bali Jani III Tahun 2021. Khususnya kepada para penggiat seni modern dan kontemporer Bali.


    Gubernur Koster berpesan agar agenda tahunan FSBJ ini dirawat dengan baik melalui kerja kreatif, peningkatan tata kelola, disertai sikap professional. Suksesnya penyelenggaraan FSBJ di masa pandemi merupakan upaya penyadaran bahwa manusia yang diberkati pikiran harus mampu mengatasi permasalahan hidup, termasuk mengelola diri dalam keadaan darurat.


    “Saya berharap standar penyelenggaraan FSBJ harus ditingkatkan lagi, termasuk menjadikan FSBJ bertaraf go nasional dan internasional,” ungkap Wayan Koster.


    Lebih lanjut, Wayan Koster mengatakan, bidang seni dan budaya yang bersinergi dengan adat, agama dan tradisi telah menjadi salah satu Program Prioritas Pembangunan Bali 2018-2023. Bahkan paradigma baru pembangunan Bali menjadikan kebudayaan sebagai hulu, karena dengan membangun budaya akan berdampak sistemik terhadap bidang lainnya.


    Secara kemanusiaan seni dan budaya merupakan kebutuhan jiwa, karena dapat mempengaruhi suasana hati dan mengasah sensibilitas, sehingga menjadikan manusia peka rasa baik terhadap keindahan maupun nilai kemanusiaan.


    Bali tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak, emas, batubara dan hutan. Akan tetapi pulau ini dianugerahi kekayaan seni dan budaya sebagai sistem kognitif untuk mengelola perilaku masyarakat berlandaskan logika, etika, dan estetika (Satyam, Siwam, Sundaram).


    “Kita harus bersujud syukur atas kehebatan para Leluhur dan Lelangit Bali yang tiada henti berkreativitas hingga kini mewariskan ‘harta karun’ seni dan budaya yang adi luhung. Sebagai generasi penerus adalah wajib hukumnya untuk terus merawat, menguatkan, dan memajukan agar apa yang kini kita warisi memberi kesejahteraan bagi krama Bali,” pungkasnya.


    Untuk memastikan pembangunan bidang seni dan budaya berjalan dengan baik, Pemerintah Provinsi Bali telah menerbitkan berbagai produk regulasi, salah satunya adalah Perda No.4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.


    Ini adalah payung hukum yang sangat lengkap sebagai landasan formal untuk membuat kebijakan tentang seni dan budaya Bali. Dengan Perda ini, seni dan budaya Bali akan diperkuat dan dimajukan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan krama Bali. Festival Seni Bali Jani adalah salah satu bentuk aktualisasi dari pelaksanaan Perda tersebut.


    Menyimak laporan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali sebelumnya, maka menurut Gubernur Koster FSBJ III Tahun 2021 telah berjalan dengan sukses. Tema yang diangkat ‘Jenggala Sutra: Susastra Wana Kerthi’, telah mewujud dalam berbagai citra seni masa kini yang menembus lintas batas kesejagatan.


    Seluruh agenda FSBJ mulai dari karnaval, pergelaran, pameran, parade, lomba, bursa buku, sarasehan, hingga penghargaan Bali Jani Nugraha telah menghiasi memori estetik masyarakat Bali selama dua pekan terakhir. Diharapkan hal tersebut dapat memeberikan ilmu baru bagi para penonton.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini