Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jalin Kerjasama Dengan PT INKA, Dinkop Ngawi Sosialisasikan Pembiayaan Program Bina Mitra

Senin, 18 Oktober 2021 | 13.54.00 WIB Last Updated 2021-10-18T06:54:49Z

 

Sekdin Dinas Koperasi, Kepala Bidang Fasilitas Pembiayaan, Pengembangan, dan Pengendalian Simpan Pinjam bersama Staff PKBL PT INKA

Laporan : Salsabiila | Kontributor Ngawi
Editor : Budi Santoso | Kaperwil Jatim


NGAWI,Harian7.com - Dalam memulihkan ekonomi nasional, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan PT INKA sosialisasikan pembiayaan program mitra binaan kerjasama Pemerintah Daerah bersama BUMN kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Ngawi.


Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan bentuk kepedulian PT INKA terhadap pelaku usaha agar lebih maju dan berkembang. Disamping itu, penyaluran bantuan modal dilakukan guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para pelaku usaha.


Kegiatan yang dilakukan disalah satu rumah makan Kabupaten Ngawi ini bertujuan untuk  penjaringan usaha kecil dan menengah (UKM) dari wilayah Karesidenan Madiun dan Karesidenan Kediri dimana PT INKA akan memberi fasilitas pinjaman yang lebih terjangkau.


Kepala Bidang Fasilitas Pembiayaan Pengembangan dan Pengendalian Simpan Pinjam, Agus Dwi Narimo mengatakan, Dinas Koperasi bekerjasama dengan PT INKA memiliki program 'Bina Mitra' yang diperuntukkan bagi teman-teman UMKM yang ingin mengakses permodalan dengan suku bunga yang lebih kecil.


"Ini bukan pertama kali, sebelumnya kami sudah pernah bekerjasama dengan PT Inka dan alhamdulillah banyak teman-teman UMKM yang mengakses permodalan melalui PT Inka," ungkap Agus Dwi Narimo.


Para pelaku UMKM akan dibimbing dari mulai proses administrasi hingga monitoring usahanya. Jika usaha dari teman-teman UMKM memiliki prospek yang bagus, maka kedepannya akan ada pendampingan dari PT Inka sebanyak 3 kali.


Sementara, Staff Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT INKA, Bambang Supriyadi mengatakan, Program PT INKA sendiri jika ada yang mengajukan pinjaman modal, maka akan kami proses secepatnya karena program PKBL ini bersifat periodik dimana sistemnya tidak sama seperti bank pada umumnya.


Peserta sosialisasi pembiayaan program mitra binaan kerjasama Pemerintah Daerah bersama BUMN

Dari informasi yang diperoleh, nantinya setelah tiga bulan penandatangan perjanjian, dana bergulir yang tidak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, maka akan dicabut atau ditarik kembali untuk dimanfaatkan oleh mitra binaan yang lain.


"Jadi nanti jika dana lunas, bisa mengajukan lagi sampai 3 kali dan harapannya setelah itu teman-teman UMKM bisa mandiri atau berdiri sendiri tanpa pendampingan," papar Bambang Supriyadi kepada Harian7.com


Besaran dana yang diterimakan kepada para pelaku usaha berbeda-beda, dimana nantinya akan dibagi berdasarkan variasi tergantung klasifikasi usahanya.


Mengingat pinjaman kemitraan tersebut diberikan dengan syarat yang mudah dan bunga yang ringan, maka diharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkan dana tersebut secara tepat yaitu untuk modal agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.


"Semoga PT INKA secara berkelanjutan mampu mendukung pengembangan ekonomi masyarakat kecil di sekitar perusahaannya," kata Bambang Supriyadi.

×
Berita Terbaru Update