• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 JATIM
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sambut HUT ke-76, PMI Ngawi Galakkan Program Donor Darah Keliling Desa

    Redaktur: Anugrah Salsabiila
    Jumat, 17 September 2021, 14.40.00 WIB Last Updated 2021-09-17T07:40:15Z
    masukkan script iklan disini

     


     

    Kegiatan donor darah yang berlangsung di kantor PMI Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021)

    Laporan : Salsabiila | Kontributor Ngawi
    Editor : Budi Santoso | Kaperwil Jatim


    NGAWI,harian7.com - Memaknai hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Ngawi mengadakan donor darah untuk masyarakat umum Ngawi. Kegiatan dilaksanakan di Gedung PMI Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021)


    Selain kegiatan donor darah di kantor PMI Ngawi, juga dilaksanakan donor darah keliling desa. Dimana kegiatan keliling desa ini akan dilakukan hingga perbatasan Sine bahkan perbatasan Jawa Tengah tepatnya di Blora.


    Untuk peringatan HUT ke-76 ini, pihak PMI juga membagikan sembako ke 19 panti asuhan yang mendapat bantuan. Bantuan tersebut akan diantar langsung ke setiap panti asuhan, namun untuk tanda simbolis akan diserahkan beberapa saat pelaksanaan upacara hari jadi PMI pada Senin, 20 September 2021 mendatang.


    Wakil Ketua 1, PMI Kabupaten Ngawi, Subandono

    Wakil Ketua 1, PMI Kabupaten Ngawi, Subandono mengatakan, dalam kegiatan ini kami tidak mentarget minimal atau maksimal pengumpulan darah, tetapi kita kumpulkan sebanyak-banyaknya apalagi disaat kondisi pandemi seperti ini jangan sampai stok darah kosong.


    "Kami pernah kehabisan darah dimana tinggal berapa ampul saja, dan akhirnya kita harus membeli dari daerah Jombang. Jadi kita harus memiliki minimal stok darah masing-masing golongan sebanyak 5 ampul atau kantong," ungkap Subandono.


    Berdasarkan data yang diperoleh, hingga tanggal 16/9/2021, PMI Ngawi masih memiliki stok darah hingga 56 kantong darah dengan rincian golongan darah A sebanyak 22 ampul, B sebanyak 25 ampul, O sebanyak 1 ampul, dan AB sebanyak 8 ampul.


    Dan kemungkinan akan bertambah dengan banyaknya pendonor yang datang pada hari ini dan beberapa hari kedepan. Donor darah keliling desa akan dilaksanakan dibeberapa wilayah, diantaranya di BTPN Tretes, BPS PMI, Kantor Desa Kedungputri, MTA Paron, Pondok Pesantren Ngrayudan, dan MTA Widodaren.


    Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Ngawi, Dr. Heri Nurfahrudin

    Sementara, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Ngawi, Dr. Heri Nurfahrudin mengatakan, PMI akan terus menggalakkan donor darah agar stok darah terus tercukupi. Dan kami akan mengawal dari mulai pengambilan darah, proses skrining, hingga pemberian kepada pasien yang membutuhkan darah.


    "Kedepannya kami berharap dari OPD Ngawi juga bisa membantu mendonorkan darahnya sehingga saat masyarakat yang membutuhkan stok darah tidak sampai kehabisan," pungkas Dr. Heri Nurfahrudin.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini