Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Efektif Sembuhkan Covid-19, PMI Ngawi Luncurkan Pelayanan Donor Plasma Konvalesen

Senin, 20 September 2021 | 14.00.00 WIB Last Updated 2021-09-21T23:52:38Z

 


Laporan : Salsabiila | Kontributor Ngawi
Editor : Budi Santoso | Kaperwil Jatim


NGAWI,harian7.com - Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi meluncurkan pelayanan donor darah plasma konvalesen. Peluncuran dilakukan langsung oleh Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono bersama ketua PMI Kabupaten Ngawi, Kanang Budi Sulistyono, Senin (20/09/2021).


Wakil Ketua 1 PMI Kabupaten Ngawi, Subandono menjelaskan, dengan adanya kebutuhan darah plasma konvalesen di tengah pandemi Covid-19, PMI cabang Ngawi kini telah memiliki alat baru untuk donor darah plasma konvalesen.


"PMI cabang Ngawi patut bersyukur sekarang memiliki alat baru untuk donor plasma konvalesen," ungkap Subandono


Subandono menambahkan di tengah masih mewabahnya virus Covid-19, kebutuhan darah plasma konvalesen sangat penting. Terlebih untuk PMI wilayah Kota Madiun, Kabupaten Ponorogo, Magetan,  Nganjuk hingga Kabupaten Trenggalek belum memiliki peralatan untuk pelayanan donor darah plasma konvalesen.


“Bukan hanya untuk kebutuhan masyarakat yang terinfeksi Covid-19 di Ngawi, nantinya juga dikirim ke daerah yang membutuhkan darah plasma konvalesen,” ujarnya.


Pakar kesehatan menyebutkan darah plasma plasma konvalesen dinilai sangat efektif sebagai terapi alternatif penyembuhan bagi pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat.


“Kami mengajak semua para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh untuk dapat mendonorkan plasmanya. Mari kita bantu saudara kita yang sedang berjuang sembuh dari Covid-19,” harapnya.


Sementara itu, dalam peluncuran pelayanan donor darah plasma konvalesen, PMI cabang Ngawi sudah menerima empat pendonor yang bersedia mendonorkan darahnya.

×
Berita Terbaru Update