Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antisipasi Terjadinya Kerumunan Massa, Polres Ngawi Gelar Operasi Patuh Semeru 2021

Senin, 20 September 2021 | 14.13.00 WIB Last Updated 2021-09-20T07:13:43Z

 

Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya saat membacakan amanat Kapolda Jatim

Laporan : Salsabiila | Kontributor Ngawi
Editor : Budi Santoso | Kaperwil Jatim


NGAWI,Harian7.com - Menekan angka Covid-19 agar tak semakin meluas, Polres Ngawi laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2021. Acara ini, dilaksanakan dalam rangka Cipta kondisi guna meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, Senin, 20 September 2021 di Halaman Mako Polres Ngawi.


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winata, Perwira Apel, AKP Zainul Imam Syafi’i, serta Komandan Apel, IPTU Nur Hidayat


Dan yang hadir sebagai peserta, Deputasi Perwira 1 peleton, Subdenpom 1 regu, Kodim 0805 1 peleton, Dalmas 1 peleton, Staf Polres 1 peleton, Satlantas 2 peleton, Dishub 1 peleton, Satpol PP 1 peleton, dan BPBD 1 peleton.


Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya membacakan isi amanat Kapolda Jatim, Irjen Pol. Nico Afinta mengatakan, bahwa pelaksanaan operasi patuh semeru tahun 2021 digalakkan untuk menekan angka covid-19 serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap di wilayah hukum Kabupaten Ngawi.


“Fokus pelaksanaan operasi ini lebih menekankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif dimana hal tersebut merupakan sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan kepada masyarakat selain juga memberikan edukasi keselamatan berlalu-lintas,” ungkap AKBP I Wayan Winaya


Angka penyebaran covid-19 di Jawa Timur saat ini mengalami penurunan yang signifikan, dimana untuk tambahan kasus aktif rata-rata sekitar 200-300 orang per hari dan angka kematian sekitar 30 orang per hari.


Sedangkan angka kesembuhan terus bertambah secara signifikan, demikian juga dengan keterisian tempat tidur / BOR (bed occupancy rate) mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 21% untuk BOR ICU dan 13% untuk BOR isolasi.


Dari data yang ada diketahui bahwa seluruh wilayah Jawa Timur telah memasuki PPKM level 2 dan 3, dimana sudah tidak ada lagi zona merah di wilayah Jawa Timur.


Hal tersebut berbanding terbalik saat awal Mei hingga akhir Juli tahun 2021 dimana angka penambahan kasus aktif lebih dari 6.000 per hari dan angka kematian merupakan provinsi tertinggi dengan jumlah sekitar 300 orang per hari, demikian juga dengan BOR hingga mecapai 96 persen.


Sementara, AKBP I Wayan Winaya menambahkan, yang perlu diwaspadai adalah adanya kepulangan pekerja migran dari luar negeri (PMI) yang dapat membawa varian baru dari negara asalnya sehingga perlu diperketat di lokasi kedatangan dan agar dilakukan isolasi terhadap pekerja migran tersebut.


"Operasi Patuh Semeru 2021 dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 20 September sampai dengan 3 oktober 2021 di seluruh wilayah Jatim dalam bentuk Kamseltibcarlantas yang mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas guna memutus penyebaran virus covid 19," paparnya


Apel gelar pasukan hari ini merupakan kegiatan pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh sumber daya yang akan dilibatkan dalam operasi patuh semeru 2021 sehingga diharap pada pelaksanaannya dapat berjalan dengan optimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan.


Sebelum giat apel diakhiri, Kapolres berharap agar seluruh anggota dapat melakukan beberapa hal, diantaranya adalah :


1. Melakukan mapping terhadap lokasi-lokasi yang rawan terjadinya penumpukan massa, rawan kecelakaan, kemacetan, dan pelanggaran lalu lintas

2. Dalam pelaksanaan operasi agar dikedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara edukatif dan humanis sehingga dapat meningkatkan kepercayan masyarakat terhadap polri

3. Berdayakan sumber daya operasi untuk membantu pemerintah dalam rangka kegiatan pencegahan penyebaran covid 19 melalui kegiatan sosialisasi protokol kesehatan, peningkatan kegiatan 3T dan perluasan cakupan vaksinasi

4. Diingatkan kembali kepada anggota selama kegiatan operasi tidak diperbolehkan melakukan tindakan kontraproduktif yang dapat menurunkan citra polri

5. Jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menjalankan tugas secara optimal.

6. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar Polri yang presisi bisa terwujud.


Kemudian acara dilanjutkan dengan doa bersama, Penghormatan Pasukan dan terakhir laporan Perwira Apel. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

×
Berita Terbaru Update