Notification

×

Iklan


 

Iklan


 

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Alhamdulillah...Launching Vaksin Khusus Ibu Hamil Akhirnya Terealisasi

Rabu, 25 Agustus 2021 | 17.29.00 WIB Last Updated 2021-08-25T10:30:14Z

 

Salah satu peserta yang mengikuti vaksinasi khusus ibu hamil di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Rabu (25/8/2021).

Laporan : Salsabiila | Kontributor Ngawi
Editor : Budi Santoso | Kaperwil Jatim


NGAWI,harian7.com - Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang sangat rentan dan beresiko terpapar Covid-19. Beberapa waktu terakhir diketahui banyak ibu hamil yang tepapar dengan gejala yang berat bahkan sampai meninggal dunia.


Untuk meminimalisir angka kematian tersebut, Dinas Kesehatan mengadakan vaksin dengan target sasaran khusus ibu hamil dengan usia kandungan 13 - 33 minggu.


Vaksin dilaksanakan dengan sasaran sebanyak 2.559 yang tersebar di 24 wilayah kerja puskesmas. Untuk wilayah Kabupaten Ngawi sendiri ada 125 dan pelaksanaannya selama dua hari dari tanggal 25-26 Agustus 2021 di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Dr. Yudono mengatakan, vaksinasi khusus ibu hamil dilakukan guna mendukung herd immunity dimana target awal 70% harus menjadi 80%.


"Karena tingginya angka kematian ibu hamil karena covid-19, maka kami adakan vaksin khusus untuk ibu hamil saja agar bumil tidak cemas dan merasa aman dari paparan covid-19," ungkap Dr. Yudono


Proses skrining pun berbeda dari vaksin pada umumnya, disini akan dilakukan cek denyut jantung ibu dan bayi serta tensi ibunya apakah ada kenaikan yang signifikan atau tidak.


Pemberian vaksin kepada ibu hamil ini juga sudah mendapat persetujuan dari Persatuan Dokter Obgyn di seluruh Indonesia yang diharapkan setelah ini akan terjadi pembentukan antibodi pada ibu hamil dan bayinya sehingga ketika ada yang terpapar, gejalanya tidak separah jika belum divaksin.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi, Dr. Ana Mursyida Ony Anwar mengatakan, Tim Penggerak PKK mendukung sepenuhnya  karena program penurunan angka kematian ibu sudah masuk tugas PKK.


"Semoga vaksin tersebut tidak hanya memberikan perlindungan kepada ibu saja tetapi juga pada janinnya," ujar Dr. Ana Mursyida Ony Anwar.


Sebelum dilaksanakannya vaksin ini, pihak kami sudah memberikan sosialisasi dan juga mendata ibu hamil dengan usia kandungan yang masuk dalam kriteria vaksin.

×
Berita Terbaru Update